SOCIAL MEDIA

Saturday, December 30, 2017

Cerita Kehamilan Trimester 2


Alhamdulillah hari ini tepat usia kehamilan ku ke-31 minggu, gak berasa yaa tau-tau udah masuk ke trimester akhir kehamilan, yang artinya kurang dari tiga bulan lagi aku akan melahirkan dan terlahir menjadi seorang Ibu!!
Hwaaa!!

Can't wait to hug and kiss you, my baby..

Seperti cerita sebelumnya (cerita trimester 1) , kali ini aku mau bikin summary juga pengalaman ku selama kehamilan trimester 2 ..

1. Aku masih ngalamin morning sickness mual muntah sampai lesu tak berdaya itu sampai hamil 4 bulanan gitu. Makanya berat badan ku selama hamil juga ga naik-naik, malah turun, tapi alhamdulillah dedek bayi berkembang sehat dan berat badannya semok, selalu di range atas.
Aku mulai ada kenaikan berat badan itu pas hamil 5 bulan dan BOOM!! langsung drastis naiknya sampai sekarang. Haha. Mungkin karena udah gak ngerasa mual dan enak masuk makan apa aja yaa :)
Fyi, kata dokter ku kenaikan bb ideal bumil itu 1-2 kg / bulan, dan kalau bisa makannya lebih banyak protein daripada karbo, biar gendutnya gak cuma ke Ibu aja.

2. Mulai ngerasa gerakan dedek getar-getar gitu saat hamil 10 minggu. Tapii, gerakan yang bener-bener moving dan ngerasain 'tendangan' nya itu pertama kali di usia kehamilan 19 minggu. Dan mulai aktif banget di usia 23 minggu. Usia 25 minggu udah hapal ni kapan dedek bobok, kapan dedek aktif. Biasanya lebih aktif di malam hari. Dan perut ku bisa sampai nonjol gede sebelah tergantung di mana posisi dedek saat itu. Hihi lucu. Bahagia banget rasanya tiap dedek aktif bergerak aku ngerasa semakin 'connect' dengan nya.. apalagi kalau setiap diajak ngobrol sama aku atau sama papa nya, dedek bisa gerak-gerak terus kesenengan :D
Dedek juga seneng kalau dibacain buku cerita, ayat Alqur'an, dan didengerin musik..
Keep kicking, my baby!

3. Aku dan mas ghi pergi babymoon 2x selama trimester 2. Pertama ke Pagaralam , wisata puncak dan kebun teh gitu di Sumatera Selatan saat usia kehamilan 13 minggu, dan ke Bali saat usia kehamilan 25 minggu.
Tentunya sebelum melakukan perjalanan ini udah konsul dulu sama dokter, kondisi ku dan bayi ok, baru diperbolehkan. Babymoon ini juga paling ideal dilaksanakan saat trimester 2, dengan harapan udah gak ngalamin mual muntah lagi dan perut belum terlalu besar/ beban semakin berat.

Cerita Bali Babymoon bisa dibaca di sini
Cerita wisata ke Pagaralam nya nyusul ya :D

"This might be the last chance in the next few years that you guys can take vacation without the kids tagging along". - The Urban Mama
Menurut ku babymoon ini kalau memang ada kesempatan waktu, lumayan banget sih dilakuin. Refreshing berdua sama suami sebelum debay lahir. Babymoon gak perlu yang jauh-jauh, kalau hanya bisa staycation di dalam kota, it's ok kok! Yang penting bumil happy. Dah, itu sih prinsip ku hehe happy mommy makes a happy baby. :)

4. Masuk bulan ke-5 kehamilan, mulai ni bereksperimen lagi suka bikin kue, mumpung udah gak mual kan. Tapi kayaknya dedek bayi gak suka kalau mama nya ini kelamaan 'main' di dapur, karena jadi cepet banget lelahnya.
Beda kalau ngemall atau aktivitas lain gitu, bisa kuat banget jalan hehe.

5. Tiap jadwal periksa ke dokter rasanya seneng banget campur berdebar-debar. Rasanya kayak orang pacaran jarak jauh trus mau ketemuan. Hehehe. Setiap USG alhamdulillah dedek berkembang sesuai usianya dan InshaAllah sehat. Aku biasa periksa di RS Hermina Palembang sama dr. Nuswil Bernolian, Sp.OG, KFM. Enak banget kontrol sama beliau USGnya selalu di switch dengan 4D dan periksanya bener-bener detail sampai ke lensa-lensa mata segala, dll.
Namun, akhir trimester dua ini, jadi terakhir kalinya aku periksa kandungan di Palembang, karena InshaAllah aku akan melahirkan di TangSel.


Nah sampai sekarang masih PR banget ni cari dokter dan RS mana di TangSel yang ok untuk melahirkan.. masih survey-survey dan cari review. Sebenarnya sih RS rekanan dari kantor mas ghi di RS Premiere Jatinegara. Tapi kan jauh banget yaa dari Tangsel, jadinya ya cari RS yang jaraknya dekat aja dari rumah. Sementara udah ada dua kandidat RS, hmm.. antara Eka Hospital BSD atau RSIA Buah Hati Pamulang. Alhamdulillah nya untuk biaya melahirkan ini dicover 100% oleh asuransi kantor mas ghi.

6. Koleksi maternity wear di trimester dua ini juga semakin bertambah. Untuk cd sebenarnya sejak trimester pertama aku udah mulai nyetok cd khusus bumil sih, nah di trimester dua ini karena perut makin besar, jadi beli lebih banyak lagi. Emang cd khusus bumil ini nyamaan banget dipakenya. Untuk bra, sebelumnya aku cuma beli bra yang biasa aku pakai tapi size nya lebih besar. Akhirnya menjelang hamil bulan ke-7 aku beli nursing bra sekalian. Ternyata lebih nyaman lho, dan jadi hemat juga bisa dipakai saat nanti nyusuin kan. Cd sama nursing bra yang aku pakai ini merk Sorex beli di The Bra House. Untuk celana bumil, aku 2x beli di Matahari Dept. Store merk St. Yves Mom, aku suka banget karena bahannya enak dan fit aja gitu. Harganya juga gak terlalu mahal. Trus juga ada beli maternity cotton legging di online shop juga. Nah kalau baju sebenarnya gak banyak beli yang khusus bumil ya.. cuma punya dua merk St. Yves Mom, dan satu dibeliin sama mas ghi di Lazada. Sisanya kalau beli ya paling blouse gitu aja atau yang berkancing depan biar sekalian saat nyusuin bisa dipake juga. Baju mah lebih fleksibel, baju yang 'gombrong' juga bisa dipakai bumil, atau dress/ gamis haha..

7. Akhir trimester dua mulai susah tidur. kalau tidur udah gak bisa telentang, rasanya sesek banget karena perut makin gede. Jadi harus miring kanan atau kiri (yang paling bagus sih katanya ngadep kiri). Trus juga punggung harus diganjal bantal, guling harus ada dua buat penyangga antara paha. Hahaa. Kalau mau tidur, mesti ritual nyusun bantal dulu demi kenyamanan dan bisa tidur nyenyak :D Sebenarnya mas ghi nawarin apa mau beli maternity pillow aja? Tapi aku gak mau karena gede banget makan tempat, kalau bobok jadi berasa terpisah jauh sama mas ghi haha dan dipakenya juga sebentar kan.

8. Hamil bulan ke-6 mulai betis kaki suka kram kalau tidur. Sakit banget rasanya, harus dipijetin atau aku gerakin telapak kaki yang kram ke arah dengkul. Itu lumayan cepet ilangin kram nya. Tapi alhamdulillah sekarang sih udah jarang tengah malam kebangun karena kram.

9. Banyak yang bilang wajah ku jadi cerahan saat hamil. Hehehe alhamdulillaah mungkin ini efek hormon kehamilan yaa, padahal kan saat hamil gak perawatan yang gimana-gimana. Semoga aja abis melahirkan gak balik buluk, wkwk. Alhamdulillah juga muka ku gak jerawatan sama sekali saat hamil. Tapi jadi muncul tahi lalat kecil-kecil, di wajah dan leher, yang memang genetik sih, dapet turun temurun dari keluarga mamah. Kata dokter sebenarnya ini sign of aging, tapi ternyata muncul lebih awal saat aku hamil.

10. Semakin giat memberdayakan diri saat kehamilan. Banyak-banyak baca buku mengenai kehamilan, melahirkan, dan juga dunia parenting mulai dari bahasan seputar ASI, imunisasi, mpasi, growth spurt, dll banyaak beneer. Dan menurut ku penting banget untuk rajin membaca (dari buku/sumber kredibel), walaupun banyak yang bilang ntar pada prakteknya beda, at least dengan membaca jadi punya gambaran, gak buta sama sekali. Gak kaget lah intinya ketika kita dihadapkan pada situasi tertentu. Tentang melahirkan sendiri juga aku perlahan-lahan menghapus rasa takut dan menanam mind set bahwa melahirkan itu suatu proses yang alami, indah dan menyenangkan. Berdoa dan berpasrah sama Allah agar selalu diberikan kemudahan.. Aamiin..


❤️❤️❤️

Begitulah kira-kira garis besar apa yang ku alami saat kehamilan trimester dua. Masih ada satu trimester lagi, yang harus dilalui sebelum akhirnya dapat bertemu dengan my baby A ❤️
Semoga Allah selalu memberi kelancaran dan kesehatan pada kehamilan ini.. aamiin aamiin....

1 comment :

  1. Hi mommy baru nemu blog nya nih..
    Aku lagi hamil pertama 6 minggu, belom berani usg karena takut belom kelihatan apa2 dan nanti suruh usg lagi 2 minggu kemudian (kebanyakan baca forum hamil hehe).. takut aja gitu nanti bayinya di teken2 terus buat usg, kasian :’)
    Menurut mommy gimana?
    Oh iya, aku dari Pagar Alam hehe
    Salam yaa ☺️☺️😊

    ReplyDelete