SOCIAL MEDIA

Saturday, February 10, 2018

Senam Hamil di Eka Hospital BSD

Hai, kali ini aku mau berbagi pengalaman ikut senam hamil di Eka Hospital BSD.
Senam hamil bisa diikuti oleh ibu hamil mulai usia kandungan 28 minggu atau 7 bulan, dengan appointment terlebih dahulu bisa by phone.
Saran ku daftarnya harus dari jauh-jauh hari bahkan satu bulan sebelumnya, karena selalu full kelasnya saking banyak peminat (max. 8 peserta).
Kelas senam di Eka Hospital BSD ini juga terbuka untuk umum, jadi bumil atau pasien dari RS lain boleh ikut senam di Eka.

Senam Hamil di Eka Hospital BSD

Senam di Eka Hospital ini juga ada pembagian kelasnya, yaitu ada kelas khusus untuk pasien baru (yang baru pertama kali ikut senam), kemudian kelas untuk usia kehamilan 28-35 minggu, dan yang terakhir kelas khusus untuk bumil > 35 minggu.
Kenapa dipisah-pisah gitu? Karena materi dan teknik latihannya berbeda. Yang hamil > 35 minggu sudah diajarin bagaimana mengejan yang benar + teknik pernafasannya.

Nah, ini jadwal senam di Eka Hospital BSD.

Jadwal Senam Hamil Eka Hospital BSD

Biaya senam hamil ini Rp 50.000,- / kedatangan. Aku sudah ikut senam di sini sebanyak 3x. Senam hamil ini dipandu oleh bidan, dan sebelum senam dimulai tiap peserta akan ditimbang berat badan dan ukur tensi. Denyut jantung baby juga dicek sebelum dan selesai senam.

Di kelas senam, kita diajarkan teknik pernafasan dada, iga, dan perut. Ini penting buangeeet untuk latihan olah nafas!
Kemudian juga latihan sikap baik, latihan otot terutama otot panggul, paha dalam, miss V, perineum. Gerakan-gerakan untuk membantu kepala dedek bayi masuk panggul/ jalan lahir, gerakan untuk mencegah atau mengurangi kaki bengkak/ kram, gerakan untuk mengurangi backpain, dll. :D

Selain itu juga ada sesi edukasi dan diskusi juga loh. Jadi kita bisa sharing dan tanya jawab dengan bidan instruktur nya.

Walaupun kelas senam nya seminggu sekali, tapi bidan juga menganjurkan untuk tiap hari gerakan/ tekniknya dilatih sendiri di rumah. Practice makes perfect, right?
Jadi sambil diinget-inget deh gimana gerakannya... biar sampai di rumah bisa dipraktekin lagi :D
Katanya sih nanti saat melahirkan kelihatan beda, mana bumil yang rajin senam dengan yang gak. Hmm..

Oh yaaa... Di akhir senam juga ada sesi relaksasi total, jadi peserta bisa bener-bener sampai ketiduran deh hehe. Kemudian juga kita dapet snack + minum 😋


Ketika Hamil 35 Minggu

Manfaat yang ku dapat tiap habis ikut kelas senam, rasanya badan fit, menambah pengetahuan, dan bawaannya jadi selalu happy! 😊

Reaksi dedek bayi setiap aku ikut kelas senam, doi happy bangeet. Ikutan gerak kanan kiri, sampai nonjol-nonjol di perut aku. Hehehe lucuuu.

Semoga kita sehat terus yah, anak ku sayang..

Baca Juga : Cerita Melahirkan Normal + Induksi di Eka Hospital BSD

No comments :

Post a Comment