SOCIAL MEDIA

Monday, August 28, 2017

USG Kehamilan 6 Minggu

Setelah mendapati testpack dua garis, aku dan suami gak langsung buru-buru cek periksa ke dokter. Selain karena dokter yang ingin kita datangi masih cuti lebaran, aku juga menghitung-hitung sendiri perkiraan usia kehamilan dari HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Pengalaman dari sebelumnya, kalau belum lama telat mens, biasanya juga di USG belum terlihat apa-apa selain penebalan dinding rahim. Jadi deh, setelah menunggu telat dua minggu-an, baru akhirnya ketemu lagi sama dr. Nuswil Bernolian, Sp.OG (K) di RS Hermina Palembang.

Aku dan mas ghi berencana untuk kehamilan ini juga periksanya tetap sama dr. Nuswil, karena beliau subspesialis/ konsultan fetomaternal. Nah, pas kan. Jadi ahli banget sama dunia per-janin-an dalam kandungan. Selain itu, memang karena kita sudah 'sreg' dan nyaman juga sih, karena waktu TTC kan konsulnya sama beliau juga.

Baca Juga : Kunjungan Pertama ke dr. Nuswil

Saat masuk ruang periksa, seperti biasa dr. Nuswil menyapa kami dengan ramah dan menanyakan kabar. Tanpa basa-basi, aku bilang kalau aku sudah telat mens sekitar dua minggu-an, dan testpack hasilnya positif. Mendengar hal itu, dr. Nuswil sama mbak suster langsung kompakan ngucap "Alhamdulillaaah". 


Trus aku cerita kalau abis kontrol terakhir dengan beliau, aku masih dapet mens bulan itu. Tapi alhamdulillah ehh bulan depannya langsung dikasih sama Allah. Jadi gak pakai obat penyubur atau apapun.

Abis ngobrol-ngobrol tentang keluhan umum yang dialami ibu hamil, lanjut deh ke pemeriksaan USG untuk memastikan apa aku ini benar hamil  *ini bagian paling bikin deg-degan* 

Pertama-tama, dr. Nuswil periksa dengan USG abdomen.. jeng jeng jeng! Agak sulit mendapatkan gambaran rahim ku karena barusan banget aku buang air kecil sebelum masuk ruangan dokter. Huhuu tapi alhamdulillaaah akhirnya kantung kehamilannya ketemu!! ❤

Abis itu, lanjut periksa USG trans-v untuk melihat lebih detail lagi apakah sudah ada janin di dalam kantungnya?
Taraaaa!! Dengan USG trans-v ini kelihatan jelas banget sudah ada perkembangan janin beserta yolk sac nya. Alhamdulillaah bukan hamil kosong. Dijelasin juga kalau hamil kosong itu gambarannya kayak gimana.
Abis itu diukur-ukur panjangnya, semua normal, dan yang paling mengharukan adalah, walaupun ukurannya masih sangat sangat kecil, hanya 3.7 mm (seukuran beras), tapi sudah ada detak jantungnya. Ini sekaligus jadi momen pertama kami mendengarkan suara detak jantungnya.
Subhanallah Alhamdulillah.

Kata dokter bentuknya kayak cincin :') . Yang bulat itu yolksac, yang diatasnya bakal janin

Kata dokter usia kehamilan ku sekitar 6-7 minggu. Kalau dari HPHT sudah masuk usia 7 minggu, namun dari hasil USG usianya 6 minggu. But it's okaay.

Aku diresepin dua macam obat yaitu penguat kandungan Utrogestan® dan suplemen Vitamam 1® .
Diberikan penguat kandungan, karena sebelumnya aku ada riwayat keguguran.
Kalau suplemennya itu isinya asam folat, vit. D, vit. B kompleks, dll.
Aku dan mas ghi juga setuju untuk dapat surat rujukan untuk cek TORCH, prenatal lab (darah dan urin) dan Ferritin, yang hasil lab nya bisa baca di sini .

Bismillah, dedek bayi semoga selalu tumbuh sehat dan sempurna yaa..
We love you so much beyond words ❤

10 comments :

  1. Tanda" hamil kosong gimana yah mbak ? Aku semalam usg dan usia kehamilannya 5 minggu tpi yg kelihatan baru kantongnya aja๐Ÿ˜ข

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak usia kandungannya masih muda banget jadi yang kelihatan cuma kantungnya aja. nanti dilihat kontrol berikutnya aja yaa mbak sama dokter. Mudah-mudahan udah terlihat yaa dede nya, semangat ya mba :)

      Delete
  2. Sama ih kaya aku, mana hamil yg pertama, jadi dag dig dug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak, gimana kabarnya? Semoga sudah terlihat baby nya di kontrol selanjutnya yaah..๐Ÿ˜‡

      Delete
  3. Hai mba, mau tanya waktu menggunakan obat utrogestan di minum atau dmasukan lewat miss v?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga mba, maaf baru balas๐Ÿ™ Utrogestan nya diminum mba ๐Ÿ˜Š

      Delete
  4. Assalamualaikm. Hallo mbak salam kenal..sy suka sm tulisan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. alhamdulillah, makasih banyak mba, semoga bisa bermanfaat..

      Delete
  5. Sungguh terharu... Aku hampir 4 thun belum juga dikasih momongan... Riwayat haid gc teratur.. Dan penderitaan wasir... Selamat bun... Sungguh bahagia nya suami bunda...

    ReplyDelete